Desain Rumah Minimalis Tapi Asik

rumahawan.web.id Tema Interior yang minimalis dan nyaman serta sederhana adalah idaman beberapa orang yang tidak seberapa tapi perasaaan ketika melihat ada space kosong guna duduk sangat membuat hati lega. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Desain Interior yang terhitung minimalis.

Tata Ruang Open Space
Tata ruang terbuka (open space) pada desain interior rumah minimalis yang dibuat oleh para pengembang bukanlah sebuah kekurangan. Justru penataan ruang seperti ini adalah solusi untuk memaksimalkan lahan terbatas pada desain interior rumah minimalis.Minimnya dinding pembatas membuat ruangan terlihat lebih luas dibandingkan dengan ukuran aslinya. Untuk membagi area dalam tata ruang open space bisa dilakukan dengan menempatkan furnitur sebagai sekat ruangan, seperti rak terbuka, atau membedakan motif lantai pada tiap-tiap area.

Kompak dengan Furnitur Lipat
Selain sebagai solusi permasalahan desain interior rumah minimalis, penggunaan furnitur lipat yang dapat bertransformasi merupakan langkah yang tepat untuk menerapkan konsep smart living. Furnitur lipat yang multifungsi seperti tempat tidur lipat memungkinkan kamu melakukan aktivitas berbeda pada satu area di desain interior rumah minimalis.

Tempat tidur anak ini misalnya, saat sedang tidak digunakan untuk beristirahat, tempat tidur berfungsi sebagai lemari pajang yang menempel ke dinding. Luas yang disisakannya pun dapat digunakan sebagai area bermain anak.

Storage Vertikal Tampung Banyak Fungsi
Ketersediaan tempat penyimpanan juga menjadi permasalahan utama dalam merancang desain interior rumah minimalis. Desain dapur yang menyatu dengan ruang TV ini menawarkan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.Trik desain interior rumah minimalis ini memanfaatkan seluruh bagian dinding sebagai lemari penyimpanan. Meski memperlihatkan deretan lemari modular, permainan warna dan tekstur diterapkan sebagai aksen agar susunan storage vertikal ini tidak tampil monoton.

Lapang dengan Furnitur Melayang
Prinsip bersih juga menjadi bagian dari konsep smart living. Desain interior rumah minimalis ini menjaga kebersihan ruanganya dengan penggunaan furnitur melayang berupa meja TV yang menempel ke dinding.
Desain furnitur yang tak memiliki kaki ini membuat ruangan lebih mudah dibersihkan dan mengurangi sarang debu dan kotoran. Selain menjaga kerapihan tampilan desain interior rumah minimalis, penggunaan furnitur melayang juga membuat ruangan terkesan lebih luas.

Baca Juga : Sulap Rumah Persis Interior Korea

Konsep Mezanin Optimalkan Lahan
Desain interior rumah minimalis yang satu ini menggunakan konsep mezanin sebagai siasat desain di rumah mungil. Konsep mezanin sendiri dapat diciptakan dengan penggunaan tempat tidur menggantung ataupun membuatnya menjadi bagian dari arsitektur bangunan, seperti desain interior rumah minimalis ini.

Yang perlu diperhatikan dari desain interior rumah minimalis seperti ini adalah jarak ideal dari plafon ke dasar mezanin. Tinggi mezanin dapat disesuaikan dengan tinggi pemilik hunian sehingga area mezanin dapat digunakan senyaman mungkin.

Instalasi Cermin Ciptakan Ilusi Luas
Cermin dapat menciptakan ilusi ruangan seakan terlihat lebih luas. Namun pemasangan cermin pada desain interior rumah minimalis seringkali tidak pada titik yang tepat, sehingga tak memberikan efek luas yang berarti bagi ruangan.

Menempatkan cermin di atas tempat sofa seperti pada desain interior rumah minimalis ini dapat meluaskan jarak dinding yang saling berhadap-hadapan. Instalasi cermin yang ditempatkan disamping susunan storage juga membuat ruangan terhindar dari kesan penuh.

Seimbang dengan Permainan Warna
Warna-warna cerah memang bisa merefleksikan tampilan minimalis pada interior ruangan. Namun, bukan berarti desain interior rumah minimalis hanya terisi dengan perpaduan warna cerah saja. Kehadiran unsur kayu pada desain interior rumah minimalis dapat menciptakan tekstur untuk menyeimbangkan perpaduan warna cerah tersebut.

Penerapan konsep smart living pada desain interior rumah minimalis juga perlu dibarengi dengan komitmen penerapan gaya hidup minimalis. Untuk itu, pilihlah furnitur dan barang-barang yang paling esensial, sesuai dengan kebutuhan ruang tinggalmu.