Dapur Cantik Lebih Indah Dari Masterchef

rumahawan.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Dapur Cantik Lebih Indah Dari Masterchef. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Dapur Cantik Lebih Indah Dari Masterchef

Material 1 : Multiplek atau Plywood
Multiplek atau plywood merupakan jenis kayu olahan terkuat. Bahan dasar yang digunakan untuk multiplek atau plywood adalah kulit kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi. Khusus di Dekoruma kami menggunakan jenis kayu meranti yang termasuk salah satu jenis kayu yang sangat kuat dan awet.

Kelebihan
Multiplek atau plywood memiliki tekstur lapisan kayu yang begitu rapat, hal ini yang membuatnya lebih kokoh dan memiliki daya tahan terhadap air yang baik. Karena daya tahan terhadap air baik maka multiplek atau plywood dinilai cocok digunakan sebagai material set dapur, terutama dapur basah.
Multiplek terdiri dari kombinasi serat-serat kayu dan kulit kayu dimana permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan dengan permukaan tengah, hal ini difungsikan agar multiplek tahan terhadap pemuaian dan tidak mudah ditekuk. Dengan pemakaian yang baik material ini mampu bertahan hingga 10 tahun.
Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh multiplek, material ini dianggap cocok untuk membangun furniture rumah, salah satunya kitchen set.

Kekurangan
Karena strukturnya yang kokoh membuat multiplek dibanderol dengan harga yang lebih mahal, sehingga beberapa furniture yang dibangun dengan material ini akan lebih mahal dari yang menggunakan material lainnya. Namun mahalnya harga terbayar dengan kualitas yang berikan oleh material yang satu ini.

Material 2 : Blockboard
Blockboard memiliki kemiripan dengan multiplek, hanya saja lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horizontal, sedangkan lapisan multiplek disusun secara vertikal. Salah satu jenis kayu yang digunakan adalah sengon laut, salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan air.

Kelebihan
Material blockboard juga memiliki ketahanan terhadap air, sehingga tidak salah jika digunakan sebagai material pembuat kitchen set.
Blockboard memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan multiplek, jadi bagi Anda yang hanya memiliki budget terbatas dapat memilih kitchen set dengan bahan dasar blockboard untuk memperindah tampilan dapur rumah Anda.

Kekurangan
Beberapa menilai bahwa tingkat keawetan dari kayu olahan blockboard ini masih kalah dengan jenis multiplek, material multiplek masih jauh lebih awet.

Material 3 : MDF
MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan jenis kayu olahan yang terbut dari serbuk kayu yang dipress dengan tekanan tinggi. Material MDF juga banyak digunakan sebagai rangka pembuat furniture, salah satunya juga kitchen set.

Kelebihan
Untuk harga memang MDF jauh lebih murah dibandingkan 2 material diatas, memiliki permukaan yang halus berbeda dengan multiplek yang permukaanya tidak terlalu halus.
Selain itu MDF memiliki presisi ketebalan yang bagus, lebih fleksible dan mudah untuk ditekuk.

Kekurangan
Sayangnya MDF tidak memiliki ketahanan terhadap air, sehingga kami tidak menyarankan menggunakan kayu olahan jenis MDF untuk dapu basah, namun untuk dapur kering MDF merupakan pilihan yang baik.

Material 4 : HPL
HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas suatu furniture atau mebel. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna yang beragam yang dapat kita gunakan guna dalam menambah kesan estetika kitchen set Anda.

Kelebihan
HPL memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu HPL sangat praktis untuk diaplikasikan, terdapat beragam corak dan warna yang dapat dipilih. Pelapis lembaran HPL mudah sekali untuk dibersihkan serta aman dan ramah lingkungan. Untuk masalah harga, anda tidak perlu khawatir karena harga HPL sendiri sangat kompetitif.

Kekurangan
Dari segi estetika, corak dan warna miliki HPL masih kalah dengan pelapis finishing lain seperti cat duco yang tampil jauh lebih menawan dan elegan.

Material 5: Decosheet
Pelapis bentuk lembaran lainnya yaitu decosheet, sebagian ada yang menyebutnya tacon atau taconsheet. Pelapis lembaran ini terbuat dari bahan plastik yang lebih tipis dari HPL, karena bentuknya yang tipis decosheet sangat mudah untuk dibentuk. Decosheet merupakan pilihan yang baik untuk kitchen set, terutama untuk jenis dapur kering.

Kelebihan
Kelebihannya decosheet terbuat dari bahan yang tidak mudah mengelupas, dan fleksible mudah mengikuti bentuk dari lengkungan dapur itu sendiri.

Kekurangan
Karena terbuat dari bahan yang tipis, jika tidak digunakan dengan baik maka bahan ini tidak akan bertahan lama. Selain itu bahan decosheet juga tidak tahan terhadap minyak dan panas.

Material 6 : Cat Duco
Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal yang mampu membuat tampilan dapur lebih elegan dan menarik dengan pilihan warna dan corak yang variatif.
Finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahannya itu sendiri, sehingga untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan waktu yang cukup untuk proses pengerjaannya.

Kelebihan
Cat duco tersedia dalam 2 pilihan, untuk Anda yang menyukai warna mengkilap dalam menggunakan tipe glossy sedangkan bagi yang sebaliknya dapat menggunakan tipe doff atau semi glossy.
Hasil inovasi terbaru saat ini terdapat cat duco dengan corak yang menyerupai marmer, motif batu-batu dan banyak pilihan warna dan corak lainnya.

Kekurangan
Dibandingkan dengan 3 jenis finishing sebelumnya, cat duco adalah tipe yang paling mahal, dan hal ini menjadi salah satu kekurangan dari tipe ini.Dibutuhkan budget yang lebih banyak jika ingin menggunakan cat duco sebagai bahan pelapis kitchen set Anda.

Dinding dapur sangat rentan terpengaruh udara lembap dan sangat mungkin terkena noda dari aktivitas mengolah makanan serta minuman. Padahal, kebersihan dinding dapur adalah salah satu hal terpenting yang selalu harus terjaga agar dapur dapat selalu nyaman untuk dipakai beraktivitas. Nah, salah satu cara menyiasati masalah ini adalah dengan memberi finishing berupa keramik dinding dapur. Selain membantu menjaga kesan bersih dan nyaman, keramik dinding dapur juga bisa membuat dapurmu tampak lebih menarik lagi.

Kamu mungkin agak bingung ketika memilih keramik dinding dapur. Apalagi jika kamu tidak memahami hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih keramik dinding dapur. Karenanya, berikut ini Kania akan bagikan beberapa tips memilih keramik dinding dapur yang pas buat kamu. Simak baik-baik, ya!

Nggak Ada Salahnya Berkreasi
Dalam memilih keramik dinding dapur yang pas, kamu juga bisa berkreasi, lho! Misalnya saja kamu bisa menambahkan keramik memanjang dengan ukuran lebih kecil sebagai list di pinggiran keramik dinding dapur.

Selain itu kamu juga bisa memilih keramik dengan beberapa tema ornamen, seperti keramik yang membentuk gambar bahan makanan, buah-buahan, peralatan makan, ada banyak motif keramik dapur yang bisa kamu pilih. Tapi jangan memaksakan terlalu banyak ornamen terpasang pada dinding dapurmu ya!

Alternatif lainnya adalah dengan memadukan dua warna keramik dinding dapur sekaligus. Kamu bisa memasangnya secara berselang-seling sehingga dapurmu terlihat lebih hidup.

Perhatikan Material dan Tekstur Keramik Dinding Dapur
Tips yang pertama dalam memilih keramik dinding dapur adalah memperhatikan material serta tekstur permukaannya. Kamu sebenarnya bebas menentukan apakah akan menggunakan keramik bertekstur vinyl, kasar, atau menggunakan keramik batu alam. Namun, pastikan material keramik dinding dapur yang kamu pilih tahan uap dan panas. Jangan sampai setelah terpasang, kamu baru mengetahui kalau keramik dinding dapurmu mudah retak ketika terkena udara panas yang intens. Sangat merugikan bukan?

Sementara itu, pada bagian yang dekat dengan area mengolah makanan atau minuman, sebaiknya gunakan keramik dengan tipe glazed ceramic tiles alias keramik dengan lapisan permukaan mengilap. Lapisan kilap pada permukaan keramik akan membuatnya lebih tahan terhadap noda sehingga mudah dibersihkan.

Lapisan kilap tersebut berfungsi menutup pori-pori pada permukaan keramik sehingga menjadikan noda tidak akan terserap dan tertinggal pada keramik dinding dapur. Pastikan juga kualitas lapisan kilap alias glasur pada keramik pilihanmu. Kualitas glasur yang rendah mengakibatkan kilapnya akan hilang dalam waktu yang relatif cepat setelah terpasang.

Pastikan Model dan Motif Keramik Dinding Dapur Sesuai Gaya Interior Rumah
Tips memilih keramik dinding dapur yang selanjutnya adalah memperhatikan kesesuaian antara model keramik dinding dapur dengan gaya rumah kamu. Misalnya, jika rumah kamu bergaya minimalis, maka pilihlah model keramik dinding dapur yang juga minimalis, tidak terlalu banyak ornamen atau motif, namun tetap tampak elegan.

Kamu harus ingat bahwa keramik dinding dapur tidak hanya berfungsi untuk melindungi dinding dari noda hasil aktivitas memasak, tetapi juga mempercantik penampilan ruangan dapur. Saat ini pilihan model keramik dinding dapur di pasaran sangat banyak, jadi kamu harus cermat memilih model mana yang pas dengan tema dapur idamanmu sekaligus menyatu dengan tema rumah secara keseluruhan. Model keramik dinding dapur yang selaras dengan tema rumah akan makin menambah kenyamanan penghuninya lho!

Perhatikan Keseimbangan Warna
Faktor warna juga harus dipertimbangkan ketika kamu memilih keramik dinding dapur. Sebaiknya dapur kamu memiliki perpaduan warna yang seimbang. Contohnya, jika warna plafon dan cat bagian dinding yang tidak tertutup keramik berwarna terang dan mencolok, maka pilihlah keramik dinding dapur dengan warna yang lebih lembut. Begitu juga sebaliknya, jika elemen lain pada dapur berwarna gelap atau berwarna lembut, maka sebaiknya pilih keramik dinding dapur yang berwarna terang. Pemilihan warna keramik ini juga dapat disesuaikan dengan warna lemari dapur yang sudah ada.

Pemilihan warna keramik dinding dapur bisa juga menyesuaikan selera dan rancanganmu. Sebelumnya kamu mungkin sudah merencanakan warna apa yang dominan di dapurmu bersama jasa desain rumah pilihan. Misalnya, kalau kamu menginginkan ruangan yang tampak luas, disarankan untuk memilih warna cat rumah yang terang.

Pilih Keramik Dinding Dapur yang Sesuai Ukuran Ruangan
Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika memilih keramik dinding dapur adalah menyesuaikan ukuran keramik dengan ukuran ruangan. Ini dilakukan agar desain dapur kamu terlihat serasi. Sebab, walaupun motif dan warna keramik dinding dapur pilihanmu sudah baik, jika ukurannya tidak sesuai nanti malah akan terlihat timpang.

Ukuran keramik dinding dapur yang besar akan membuat ruangan dapur terkesan luas. Selain itu, kelebihan memakai keramik dinding dapur berukuran besar adalah makin sedikitnya area celah antarkeramik alias nat. Perlu kamu ketahui, bagian nat pada keramik dinding dapur berpotensi menjadi tempat berkumpulnya noda. Itu karena bagian nat keramik bersifat menyerap cairan dan tidak mengilap seperti permukaan keramik dinding dapur. Kalau kamu menyukai motif yang unik, kamu bisa menerapkan motif tegel di rumah.

Baca Juga : Kamar Tidur Ideal Mimpi Kesurga

Sesuaikan Pilihan Keramik Dinding Dapur dengan Budget yang Kamu Miliki
Nah, tips yang satu ini juga tidak kalah penting. Harga keramik dinding dapur yang kamu pilih juga harus sesuai dengan budget yang kamu punya. Sebelum membeli keramik untuk dinding dapur, kamu harus menentukan dan mempertimbangkan target anggaran dana yang akan kamu gunakan.

Setelah menentukan target anggaran dana untuk membeli keramik dinding dapur, lakukanlah perbandingan harga terlebih dahulu terhadap beberapa merek keramik. Usahakan agar tidak terpaku pada salah satu tempat saja ketika membandingkan harga keramik. Dengan begitu anggaran untuk membeli keramik dinding dapur tidak akan membengkak.

Penataan area dapur yang berantakan dan sembarangan bisa membuat semangat untuk memasak jadi menurun. Bisa-bisa, kegiatan memasak malah terasa seperti beban berat. Oleh sebab itu dapur yang cantik dan apik dibutuhkan. Seperti anak membutuhkan ruang bermain yang bisa membebaskannya bermain sekaligus mendukung imajinasinya, seperti itu juga lah kamu membutuhkan area dapur yang nyaman. Agar memasak pun bisa jadi hobi menyenangkan untuk menjalani hari.

Area tempat tinggal yang semakin hari semakin kecil, juga ikut mempengaruhi ukuran dapur. Membuat area dapur menjadi semakin terbatas dan sempit. Jangankan mau memperhatikan desain untuk area dapur yang terbatas, orang-orang hanya mementingkan fungsinya saja. Padahal, dapur juga bisa dibilang sebagai jantung rumah. Tempat kamu menghabiskan waktu untuk memasak makanan untuk mereka yang tersayang dengan penuh kesabaran dan cinta. Kalau tidak merasa nyaman, bagaimana mau meracik masakan penuh cinta?

Dengan area dapur yang berukuran mungil, kamu juga bisa menyulapnya agar terlihat lebih luas dengan bantuan warna. Warna terang seperti warna putih dapat membantu menciptakan gaya minimalis yang mampu memberi kesan luas sekaligus bersih dan rapi untuk dapur kamu. Dinding dapur yang terbuka tanpa sekat juga dapat membantu memberikan perasaan luas dan tidak menyesakkan. Berkegiatan di dapur pun bisa lebih leluasa dan nyaman.

1. Desain dapur untuk memasak
Fungsi utama dari dapur adalah tempat untuk memasak. Memasak untuk orang-orang tersayang, dan tentunya juga memasak untuk diri sendiri. Jangan merasa malas untuk memasak, karena ini juga merupakan bentuk cinta yang bisa kamu berikan tunjukkan. Dapur yang terbuka bisa membantu mengurangi kepenatan kamu selagi memasak sehingga lebih banyak inspirasi resep yang berdatangan! Dapur terbuka juga bisa membuat kamu dapat memasak sekaligus berinteraksi dengan pasangan.

2. Desain dapur dengan ruang makan
Bahkan sebagai tempat untuk menyesap kopi pagi kamu. Ditemani secangkir kopi panas sambil menikmati waktu berkualitas bersama pasangan, benar-benar mood booster yang baik untuk mengawali hari!

3. Desain dapur dengan tempat penyimpanan
Untuk memasak kamu akan membutuhkan bermacam-macam peralatan masak dan bahan memasak. Tidak heran kalau kamu akan sering menemukan dapur dalam keadaan berantakan dengan panci, wajan, talenan, bahkan toples-toples berisikan bumbu kering dan berbagai barang lainnya. Tempat penyimpanan seperti kabinet pun menjadi suatu keharusan untuk hadir di dapur.

Selain laci kabinet, kamu bisa menggunakan rak dinding dan rak gantung sebagai tambahan tempat penyimpanan kamu. Sehingga dapur pun bisa menjadi lebih rapi dan kamu tidak perlu merasa stress melihat dapur berantakan. Kamu juga bisa meletakkan buku-buku resep kamu di rak dinding agar mudah dijangkau selagi memasak. Untuk menaikkan mood memasak, kamu juga bisa menghias dapur dengan hiasan dinding, pajangan, dan dekorasi kecil lainnya di sekitar area dapur.

4. Desain dapur yang sejuk
Selain dapur yang rapi, kamu juga membutuhkan kesejukan di sana agar lebih bersemangat memasak. Tanaman kecil seperti sukulen bisa menjadi pilih tepat untuk memberi kehijauan di dapur kamu. Tanaman tiruan pun bisa menjadi pilihan lain untuk kamu yang merasa tidak sanggup merawat tanaman. Atau kamu juga bisa mencoba tips Kania kemarin! Yaitu dengan menanam sayuran sisa masak kamu kembali. Lebih hemat dan lebih segar deh dapur kamu. Hihi.