Trik Dekorasi Kamar Kos dengan Desain Vintage

Trik Dekorasi Kamar Kos dengan Desain Vintage

Rumahawan.web.id – Kamar kos adalah tempat tinggal sementara anak perantauan. Tak bisa selalu pulang ke rumah yang ada di kota berbeda tentu membuat kamar kos jadi tujuan satu-satunya. Nah, biar kamu betah tentunya kamar kos perlu didesain sesuai selera. Di artikel ini ada beberapa tips untuk mendesain kamar kos tema vintage. Seperti apa sih caranya?

1. Adopsi warna pastel atau warna terang untuk kamarmu
Cat dengan warna terang atau pastel untuk dinding kamarmu. Kamu bisa tambahkan juga tanaman segar di pojok-pojok ruangan. Karpet yang dibentangkan di lantai kamar juga bisa membawa kesan vintage tersendiri.

2. Buat kalender dengan bentuk foto polaroid!
Kalender dinding sudah terlalu mainstream. Pengen yang gak biasa dan memberi kesan vintage? Coba saja desain satu ini! Print sendiri kalender dinding dengan bentuk foto polaroid seperti ini. Kemudian gantungkan dengan penjepit kertas.

3. Buku-buku lama bisa dijadikan hiasan dinding kece macam ini!
Punya buku lama yang sudah tak terpakai? Jadikan saja hiasan dinding sekaligus pengait di dinding. Kamu bisa menempelkannya ke dinding dengan posisi terbuka. Mau bikin sendiri di kamar tidurmu?

4. Cuma butuh 3 bahan saja, kamu bisa bikin hiasan tembok kamar istimewa!
Bahan yang harus kamu siapkan cuma 3 item saja. Siapkan tali rami, botol susu kaca, dan bunga (bisa asli atau plastik). Ikatkan leher botol dengan tali rami lalu gantungkan di dinding dengan posisi seperti pada gambar. Pada sentuhan akhir, masukkan bunga sebagai isiannya.

5. Punya tangga kayu bekas? Fungsikan saja sebagai rak sekaligus meja
Di tiap anak tangga kamu bisa memberikan kayu sebagai tatakan. Kamu pun bisa langsung menggunakannya sebagai rak atau meja. Dijamin, kamarmu mendapat sentuhan vintage yang diinginkan.

6. Peta dunia dan foto yang digantung di dinding bisa jadi hiasan manis
Ingin memberi kesan vintage tapi kekinian? Coba gantungkan peta dunia, selain itu kamu bisa gantungkan berbagai macam foto di seutas tali rami. Sebagai sentuhan akhir, cukup gantungkan lampu pohon Natal untuk mempercantiknya.

Baca Juga : Tips Makeover Kamar Tidur

7. Sulap koper bekasmu jadi rak buku retro macam ini
Punya koper bekas yang tak lagi dipakai? Masukkan lembaran kayu dengan posisi seperti pada gambar. Voila, kamu bisa menggunakannya sebagai rak sekaligus mempercantik kamar.

8. Punya pigura bekas? Sulap saja jadi tempat menggantungkan perhiasan!
Pigura atau frame bekas jangan dibuang dulu. Kamu bisa menyulapnya jadi tempat perhiasan. Tinggal rentangkan kain renda atau ranting pohon sebagai tempat menggantung perhiasan. Mau mencoba bikin sendiri?

9. Kamu cuma butuh 2 bahan saja untuk bikin spot foto cantik di dalam kamar!
Pengen punya tembok kece macam ini di dalam kamar? Tenang, kamu bisa bikin sendiri kok. Bahkan, kamu hanya perlu menyiapkan isolasi dan bunga. Tempelkan bunga secara vertikal dengan isolasi. Jadi deh, tembok manis di kamar dengan sentuhan vintage.

Tips Makeover Kamar Tidur

Tips Makeover Kamar Tidur

Rumahawan.web.id – Lulus kuliah lalu bekerja di kota yang sama dengan orang tua, tentu mengharuskan kamu kembali tinggal di rumah orangtuamu kan. Ketimbang ngekos, mending uangnya disimpan buat beli rumah. Tapi terkadang kita malu saat melihat kamar lama kita yang biasanya kayak kapal pecah, khas remaja. Entah dinding yang penuh dengan tempelan poster, cat dinding pilihan orang tua yang sebenarnya kita gak suka atau kasur yang sudah gak nyaman lagi. Semuanya itu bisa kamu ubah lho. Kamar yang tadinya terlihat bakal malu-maluin, bisa kamu makeover agar tampilannya lebih dewasa atau lebih kamu banget. Gimana sih caranya makeover kamar tidur sendiri? Yuk, lihat inspirasi atau tips untuk makeover kamar tidur di bawah ini.

1. Ini nih, biasanya kondisi kamar yang belum di make over, berantakan dan gelap!
Rata-rata kamar yang tidak dihuni lagi sih bakalan begini. Atau paling nggak berubah fungsi jadi gudang biasanya.

2. Tentukan dulu desain, posisi barang dan warna apa yang akan kamu terapkan di kamarmu.
Tips, kumpulkan gambar atau foto atau ide dekorasi kamar tidur yang kamu suka. Jadikan satu, lalu pilih, gaya dekorasi mana saja yang cocok jika dipadu-padankan dalam ruangan kamar tidurmu.

3. Tahap kedua, dan tahap yang paling penting, mengecat!
Mengubah warna cat dalam kamar bisa merubah keseluruhan penampilan kamar lho. Pastikan pilih warna cat yang tidak tabrakan dengan gaya dekorasi kamarmu nanti.

Pindahkan juga semua barang yang dirasa mengganggu saat proses pengecatan seluruh kamar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, ngecatnya jangan buru-buru. Siapkan 3-4 hari untuk proses pengecatan dan pengeringan yang sempurna.

Kamu juga bisa mengecat kamarmu sendiri untuk lebih menghemat biaya. Ajak teman atau pacar untuk membantumu.

4. Jika cat sudah mengering, tahap berikutnya adalah mulai mendekorasi!
Hal paling menyenangkan dari proses makeover tentu saja saat merubah penampilan dan gaya dari suatu ruangan kan. Tapi jangan terus kalap ya. Lihat ide ini, langsung dipraktekkin, lihat gaya itu, langsung ditambahin. Yang ada kamarmu malah terlihat berantakan lagi.

Ada baiknya gambar-gambar dekorasi kamar tidur yang sudah kamu pilih di tahap pertama, dijadikan acuan dalam mendekorasi. Jika nanti saat kamu telah menghuni kamarmu dan menemukan ada yang perlu ditambah atau diubah, barulah kamu melakukannya. Jadi kamu bisa membandingkan nih, gak asal main copot-ganti aja.

5. Singkirkan barang-barang yang sudak kamu pakai.
Beberapa barang dan furnitur yang tidak diperlukan sebaiknya kamu singkirkan, atau jual kembali sebagai barang second. Kamu bisa memilih furnitur baru yang lebih modern, atau memakai furnitur lamamu yang masih terlihat bagus.

Jika kamarmu terasa gelap, pastikan sumber cahaya seperti jendela, tidak tertutup lemari atau kasur. Tambahkan juga sumber penerangan lain seperti standing lamp, lampu meja, lilin aromaterapi dan lainnya.

6. Punya sudut mati atau pojokan di kamar? Manfaatkan aja!
Daripada pojokan cuma jadi ruangan tak berguna, mending kamu ubah menjadi sudut produktif atau sudut inspiratif. Misalnya, ubah jadi tempat membaca, ruang kerja atau tempat tidur hewan peliharaan kesayangan.

Meskipun kamarmu kecil, cukup dengan meletakkan sebuah kursi dan bantal saja sudah bisa mengubah fungsi dari sudut mati tadi.

7. Memajang dan meletakkan hiasan serta buku di rak terbuka juga ada ilmunya lho.
Meletakkan hiasan maupun buku di rak terbuka, sebaiknya dilakukan dengan sedikit sentuhan desain. Kalau terlalu penuh, gak enak juga ngeliatnya. Kombinasikan buku dengan memajang tanaman hidup, foto dengan bingkai unik dan berbagai aksesoris yang kamu koleksi.

Selain dipakai untuk tempat penyimpanan atau memajang koleksi, rak terbuka bisa juga kamu pakai sebagai meja kerja. Seperti gambar diatas, rak terbawah dijadikan tempat bekerja sembari duduk lesehan.

Baca Juga : Trik Dekor Kamar Kos Berdinding Putih

8. Pajang pakaian-pakaian terbaikmu.
Kamu juga bisa memajang dan memamerkan koleksi baju kesayanganmu dengan rak pakaian gantung di salah satu sudut kamar.

Memajang pakaian terbaik juga salah satu cara mendekorasi kamarmu. Ketimbang disimpan di lemari, deretan baju-baju pilihan, bisa jadi tambahan estetika pada penampilan kamar.

9. Tambahkan detail aksesoris dan pajangan di beberapa tempat terpilih.
Jika kamu hanya asal memasang hiasan dinding tanpa mengaturnya, dinding kamarmu malah akan terlihat penuh. Pilih dengan baik karya seni apa yang akan kamu pajang dan dimana kamu akan memasangnya.

Kamu juga bisa memajang hasil karyamu sendiri di kamar. Anggap saja kamar tidurmu jadi galeri seni pribadi, tempat dimana kamu bisa memperlihatkan kehebatanmu dalam membuat hiasan makrame, melukis, menggambar, merajut ataupun seni lainnya.

10. Jadi beda banget gak kamarmu setelah di makeover?
Kalau kamu perhatikan, makeover kamar di atas gak terlalu memakan biaya lho. Kenapa? Karena kamu hanya perlu mengubah warna cat dinding, mengganti kasur dan dipan (jika perlu), serta menambahkan beberapa furnitur dan aksesoris di sana sini. Tidak ada keharusan untuk mengubah letak atau posisi jendela, menjebol dinding atau kegiatan pertukangan lain yang biasanya memerlukan biaya besar.

Buat kalian yang lagi kepikiran makeover kamar, semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu.

Trik Dekor Kamar Kos Berdinding Putih

Trik Dekor Kamar Kos Berdinding Putih

Rumahawan.web.id – Pada umumnya, kamar kos memiliki dinding bercat putih. Hal ini yang membuat banyak penghuni kos merasa bosan dengan warna yang cenderung pucat ini. Namun, untuk mengubah warna dinding dengan mengecatnya tentu biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Maka dari itu, ada cara lain yang bisa dicoba untuk mendekorasi kamar kos mu tanpa perlu mengecatnya. Seperti apa sih? Berikut beberapa tips dekorasi kamar kos berdinding putih yang bisa membuat kamar mu menjadi semakin menarik dan nyaman.

1. Hanger pakaian bisa dimanfaatkan jadi dekorasi dinding yang eye-catching
Kamu hanya membutuhkan hanger, jepit jemuran, dan foto. Tinggal gantungkan saja foto pada hanger dengan jepit jemuran. Selanjutnya kamu bisa menggantungkannya di dinding untuk dekorasi. Dijamin kamarmu gak lagi terlihat sepi.

2. Tempelkan potongan majalah di sekitar pintu atau jendela
Punya banyak koleksi majalah? Coba deh, potong bagian yang kamu suka dengan ukuran random. Kemudian tempelkan di sekeliling pintu atau jendela. Cara ini bakal bikin kamarmu terlihat lebih eye-catching.

3. Daripada dinding terlihat polos, kamu bisa gantungkan foto dengan bentuk vertikal seperti ini
Sediakan tali, kamu bisa menggunakan tali rami atau tali kenur tebal. Kemudian tempelkan foto lalu gantung sejajar dengan bentuk vertikal.

4. Tirai lampu yang dibentangkan di dinding dan dihiasi foto ampuh bikin kamar makin nyaman
Supaya hits dan kekinian, kamu bisa hias kamarmu dengan metode ini. Caranya mudah kok, tinggal bentangkan saja lampu kabel di dinding kemudian gantungkan fotomu di sana.

5. Pom-pom aneka warna bisa membingkai jendela, yakin deh kamarmu makin ceria
Ingin bikin kamar terlihat ceria? Gampang! Kamu bisa gantungkan tirai yang terbuat dari pom-pom aneka warna. Bentangkan di sekitar jendela atau pintu untuk membuat kamarmu terlihat lebih punya warna.

6. Cermin berukuran besar yang dibingkai dengan lampu jadi cara ampuh bikin kamar terlihat lebih luas
Pojok kamar nampak sepi? Coba deh tempatkan cermin panjang di pojok ruangan. Untuk membuatnya makin eye-catching, kamu bisa membingkainya dengan lampu kabel. Dijamin penampilan kamarmu bakal makin elegan.

Baca Juga : Tips Mendekorasi Ruangan untuk Sambut Natal

7. Wallpaper bikin kamar istimewa tanpa banyak usaha, mau coba?
Wallpaper bisa jadi cara paling mudah yang bisa dicoba anak kos. Kamu bisa membelinya dan memilih berbagai macam desain yang kamu suka. Kemudian tinggal tempelkan saja di spot favoritmu. Selamat mencoba!

8. Meski berdinding putih, tapi kamarmu terlihat romantis dengan tirai lampu ini
Cuma bermodal tirai lampu saja kok untuk membuat kamarmu jadi chic macam ini. Gantungkan tirai lampu di sepanjang dinding. Kamu bisa menempatkan cermin dan pot tanaman sebagai pelengkap hiasan.

9. Bingkai foto dengan bingkai kayu kemudian susun semacam ini
Ingin membuat nampak elegan? Coba deh cetak fotomu kemudian bingkai dengan pigura kayu. Lalu susun dengan bentuk macam ini. Gak susah kan menghias kamar sendiri?

10. Ingin membuat kamar terlihat teduh dan temaram? Cukup pakai kelambu dan lampu!
Untuk membuat dekorasi kamar macam ini, kamu cuma butuh kelambu dan lampu saja. Bentangkan kelambu di sekitar tempat tidurmu. Sentuhan akhir, gantungkan lampu kabel di sekelilingnya. Yakin deh kamu makin betah tidur seharian.

Tips Mendekorasi Ruangan untuk Sambut Natal

Tips Mendekorasi Ruangan untuk Sambut Natal

Rumahawan.web.id – Mendekorasi ruangan merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, khususnya kaum hawa. Tak heran kalau kebanyakan dari mereka sangat suka dengan kegiatan tersebut, apalagi jika untuk menyambut perayaan natal yang memang selalu identik dengan pernak-pernik serta ornamen super lucu dan menggemaskan.

Jika sudah keasyikan mendekorasi ruangan, biasanya kamu akan lupa dan tidak terlalu fokus terhadap keuangan yang sudah dikeluarkan. Dengan begitu kamu jadi tidak bisa mengontrol seberapa besar pengeluaranmu. Supaya hal tersebut tidak terjadi, coba terapkan beberapa tips mendekorasi ruangan untuk natal di bawah ini, yuk!

1. Tentukan anggaran saat hendak mendekorasi ruangan
Untuk mendekorasi sebuah ruangan, nominal yang dibutuhkan tentu tidaklah sedikit. Ketika kamu hendak berencana untuk mendekorasi ruangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan besar anggaran agar kamu dapat memonitor berapa jumlah uang yang sudah dikeluarkan. Sebab nantinya, hal tersebut dapat mencegahmu dari perilaku boros dan berlebihan.

2. Mulai memikirkan konsep dengan budget yang sudah ditentukan
Tak hanya anggaran, kamu juga perlu menetukan konsep dekorasi natal seperti apa yang cocok dengan ruangan dan yang paling penting harus pas dengan biaya yang kamu miliki. Jika sudah terkonsep dengan baik, kamu jadi lebih terarah dalam menyiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan tanpa harus melenceng dari konsep yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Fokus pada satu ruangan saja
Jika harus mendekorasi seluruh ruangan yang ada di rumah pastinya kamu sangat memerlukan biaya ekstra, belum lagi butuh banyak waktu untuk menghiasnya. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan mengingat terbatasnya anggaran yang sudah kamu tentukan di awal. Maka dari itu, fokuslah pada satu titik dan pilih ruangan yang menurutmu paling strategis dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga saat hari natal tiba.

Baca Juga : Tips Simple Ubah Suasana Rumah

4. Manfaatkan imajinasi untuk membuat sebuah kreasi
Mendekorasi ruangan tentu sangat membutuhkan sebuah kreativitas. Dengan bermodalkan kreativitas, kamu juga bisa menghemat biaya yang ada. Kerahkanlah seluruh imajinasimu untuk dapat menciptakan ornamen natal yang unik dan keren, atau kamu bisa juga mencari inspirasi lewat tutorial D.I.Y yang ada di YouTube.

Dengan begitu, kamu gak harus borong segala macam ornamen atau pernak-penik natal yang akan menguras biaya. Cukup dengan membuat kerajinan tangan sendiri dan tuangkan segala kretivitasmu. Kalau bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa harus beli?

5. Tidak harus membeli alat dan bahan yang baru
Dalam menciptakan sebuah kreasi yang unik dan imajinatif tentunya dibutuhkan alat dan bahan yang cukup memadai. Tapi, tidak semuanya harus dibuat menggunakan alat dan bahan yang masih baru. Kamu bisa memakai alat dan bahan yang sudah tersedia di rumah.

Bisa juga memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar untuk membuat pernak-pernik serta ornamen lucu yang identik dengan natal untuk menghias ruanganmu. Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan dahan pohon yang sudah kering, kardus bekas, botol kaca dan juga tutup botolnya. Mungkin saja di sekitarmu masih terdapat banyak bahan tak terpakai yang bisa digunakan.

Tips Simple Ubah Suasana Rumah

Tips Simple Ubah Suasana Rumah

Rumahawan.web.id – Rumah adalah tempat paling tepat untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, memiliki rumah yang nyaman dengan suasana menenangkan pasti menjadi dambaan banyak orang. Sayangnya, ada kalanya kamu merasa bosan dengan tampilan rumah yang begitu-begitu saja. Terlebih kamu tak bisa sering-sering mendekor ulang karena budget yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Eits, gak melulu harus mahal! Kamu bisa lho mengubah suasana rumah dengan modal yang minimalis.

Berikut 5 tips simple mendekorasi ulang rumah supaya suasana rumahmu tak lagi membosankan dengan budget yang ramah di kantong.

1. Tata ulang furniture dalam rumahmu
Tak harus beli baru, dengan mengubah tata letak furniture yang ada kamu bisa mendapatkan suasana ruangan yang baru. Ruangan yang tadinya terasa monoton bisa terasa lebih menarik. Trik ini pas banget kalau kamu mulai bosan dengan suasana rumah namun tak punya banyak budget untuk melakukan makeover.

2. Kreasikan barang bekas jadi dekorasi unik
Punya barang bekas yang sudah tak terpakai? Jangan buru-buru dibuang! Kreasikan saja menjadi berbagai inspirasi dekorasi yang bisa jadi pemanis ruanganmu. Trik satu ini gak cuma bisa menekan budget dan bikin ruangan jadi makin unik, tapi sekaligus bikin kamu makin kreatif.

3. Beri sentuhan warna dengan mengecat ulang ruangan
Cat yang sudah lama akan membuat ruangan menjadi kusam. Kamu bisa coba mengubah cat ruangan dengan warna berbeda untuk membuat suasana menjadi lebih fresh. Coba deh sesekali padukan warna-warna cerah supaya ruangan rumahmu gak lagi terasa membosankan dan monoton.

Baca Juga : Ruang Model Coffee Table untuk Ciptakan Suasana Berbeda

4. Ganti tema ruangan rumah
Mengganti tema rumah juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk membuat suasana rumah jadi berbeda. Tak ada salahnya sesekali mengganti tema rumah. Misalnya, supaya gak bosan dengan tema rumah modern minimalis, kamu bisa ganti menjadi tema rustic, shabby chic, atau scandinavian.

5. Ganti dekorasi lama dengan dekorasi baru
Kalau kamu sudah benar-benar bosan dengan ruangan rumahmu saat ini, coba deh ganti dekorasi lama dengan beragam dekorasi baru. Tak perlu takut budget mahal, kamu bisa beli beragam pernak-pernik pemanis rumah dengan harga yang terjangkau.