Trik Membuat Rumah Terlihat Lebih Mewah dan Elegan

Rumahawan.web.id – Banyak orang yang ingin memiliki rumah mewah, namun terhalang anggaran alias budget. Ya, untuk menciptakan rumah dengan nuansa mewah memang diperlukan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya, furnitur yang digunakan biasanya membutuhkan biaya lebih ketimbang rumah dengan desain sederhana.

Tapi, jangan berkecil hati dulu! Nyatanya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumah sederhana terlihat lebih mewah dan elegan, namun tetap hemat budget. Penasaran? Berikut tips dan trik membuat rumah terlihat lebih mewah dan elegan :

1. Hindari mengecat tembok dengan warna ngejreng. Pilih warna netral dan kalem untuk membuat rumah terlihat mewah
Warna dinding ruangan rumahmu mencerminkan suasana yang ingin ditampilkan. Bila kamu ingin membuat rumah yang terlihat mewah, sebaiknya hindari penggunaan warna-warna pop up seperti kuning, hijau, atau oranye.

Coba pilih warna kalem dan netral seperti putih atau krem yang bisa memberikan ilusi ruangan rumah terlihat bersih dan luas. Kamu juga bisa menggabungkan warna putih dengan hitam untuk menciptakan rumah mewah dengan gaya minimalis modern.

2. Tambahkan ornamen dengan nuansa silver
Dekorasi dengan nuansa warna silver bisa kamu pilih bila ingin membuat rumah yang terlihat mewah. Ya, berbeda dari warna emas yang kadang membuat tampilan rumah terlihat too much, warna silver justru bisa memberikan kesan elegan. Warna perak atau silver ini dianggap lebih kalem dan menonjolkan kesan mewah pada rumah, namun tetap membuatnya terlihat simple.

3. Menggunakan elemen berbahan marble atau marmer
Baik itu lantai, meja dapur, dinding, atau dekorasi bermotif marmer terbukti ampuh membuat rumah terlihat mewah. Kalau budget kamu tidak mencukupi untuk membeli keramik atau furnitur marmer, kamu bisa siasati dengan menggunakan stiker motif. Tempelkan stiker ini pada daun meja atau salah satu sisi tembok dan voila, kamu bisa mendapatkan dekorasi marmer tanpa harus mengeluarkan banyak budget!

4. Tutup jendela dengan tirai panjang atau tirai transparan
Nuansa elegan juga bisa kamu dapatkan dengan memasang tirai panjang pada jendela rumahmu. Kamu bisa menyesuaikan tirai dengan warna-warna kalem yang tidak terlalu mencolok. Atau kamu juga bisa menambahkan tirai dengan model see through untuk memberikan kesan dreamy yang semakin memperunik ruangan rumah.

Baca Juga : Tips Inspirasi Desain Interior Hunian Impian

5. Memberikan aksen ukiran pada dinding dan atap juga bisa bikin rumah terlihat mewah
Detail kecil pada rumah nyatanya ampuh membuatnya terlihat mewah. Salah satunya, dengan menerapkan ukiran atau wall molding. Ukiran ini bisa diterapkan pada langit-langit, dinding, hingga dijadikan bingkai pada kaca di dalam ruangan. Teknik molding pada dinding ini biasa diterapkan pada desain rumah bergaya Eropa klasik yang mewah sekaligus elegan.

6. Tambahkan lukisan atau pajangan dinding agar rumahmu terlihat ‘berseni’
Cara lain untuk membuat dinding rumah tidak terasa monoton dan kaku adalah menambahkan wall art berupa pajangan foto, lukisan, atau gambar. Trik satu ini jauh lebih praktis dan ekonomis untuk membuat rumah terlihat mewah dan terkesan berseni. Kamu juga bebas memadumadankan wall art sesuai dengan desain interior rumahmu.

7. Pastikan rumah memiliki pencahayaan yang baik
Sebaik apa pun kamu melakukan penataan pada rumah, namun apabila tidak diimbangi dengan pencahayaan yang tepat, hasilnya tentu tidak akan maksimal. Oleh karena itu, salah satu cara membuat rumah terlihat elegan adalah dengan memberikan pencahayaan yang cukup. Caranya, bisa dengan membuat bukaan seperti jendela dengan ukuran besar, serta ventilasi udara pada atap agar cahaya bisa masuk ke dalam rumah.