Tips Mendekorasi Rumah Lama Agar Lebih Menarik

Rumahawan.web.id – membeli sebuah rumah bekas yang memiliki desain lama ternyata masih banyak dilakukan orang. Sayangnya, rumah-rumah tersebut memiliki tampilan interior yang tidak lagi maksimal akibat termakan oleh waktu. Tapi tenang saja, Anda bisa mendekorasi ulang rumah lama itu jadi tampak lebih menarik.

Jika rumah tersebut memiliki desain yang bagus, itu merupakan nilai tambah yang sangat baik. Contek saja beberapa tips ini untuk menonjolkan hal tersebut. Simak ulasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Cat Ulang

Sering kali, hal-hal yang membuat Anda jatuh cinta dengan rumah lama adalah bentuk, aksen, serta detail interior yang dimilikinya. Karena dibangun pada era yang berbeda, hal-hal tersebut tentu sudah mulai jarang muncul pada rumah-rumah modern masa kini, contohnya seperti rumah minimalis.

Warna-warna yang telah pudar dari dinding, aksen tambahan pada dinding dan plafon alias trim, serta detail pintu dan tiang rumah, bisa Anda percantik dengan memulaskan warna yang menarik. Untuk dinding dan plafon, Anda bisa memilih cat jenis doff. Semantara itu untuk aksen trim, gunakan jenis glossy agar fitur unik dari bagian tersebut dapat menonjol.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Sederhana

Kontras

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mendekorasi ulang rumah adalah memberikan warna kontras pada bagian-bagian tertentu. Lakukan hal ini, terlebih jika trim pada interior rumah masih dalam kondisi yang bagus. Gunakan bagian tersebut sebagai focal point rumah dengan memulaskan warna kontras dengan dinding.

Contohnya, jika Anda memilih warna kuning pucat yang kecoklatan, pilih warna coklat tua untuk bagian trim. Membuat warna trim serta kayu konstruksi pada plafon rumah senada, akan membuat tampilan ruangan lebih stand out.

Padukan Dua Konsep

Anda dapat memilih konsep interior vintage dan jadul untuk mendekorasi ulang rumah serta mengisinya. Tapi jangan terlalu kaku dalam penerapannya. Lebih baik berikan sentuhan-sentuhan modern, baik itu pada elemen dekorasi mau pun perabotan yang Anda masukkan ke dalamnya.

Memadukan gaya jadul dan kekinian pada rumah tersebut tidak akan membuat tampilannya menjadi norak kok, Urbanites. Malahan, Anda bisa mendapatkan nuansa fresh yang sangat unik. Beberapa sentuhan modern tersebut bisa Anda tuangkan khususnya menggunakan peralatan elektronik serta pada aksesori pemanis ruangan.