Tips Menata Rumah Sesuai Keinginan

Tips Menata Rumah Sesuai Keinginan
Tips Menata Rumah Sesuai Keinginan

Menata Rumah – Kita semua pasti setuju, kalau rumah bukan sekadar bangunan tempat tinggal saja, tapi peran dan fungsinya juga bisa jadi ekspresi diri kita, benar begitu kan?

Saat baru ingin punya rumah, kita bisa bersemangat mencari ide dan referensi desain rumah yang kita sukai. Bahkan seringkali sampai lupa dengan budget yang tersedia. Tapi itu tidak apa-apa, karena memang rumah adalah salah satu elemen yang paling menyenangkan untuk jadi ruang ekspresi diri.

Seorang psikolog asal Amerika Serikat, Lindsay Graham pernah mengatakan, kalau desain rumah berpotensi besar mewakili karakter atau kepribadian pemiliknya.

Nah, ingin tahu tips menata rumah yang sesuai dengan kepribadian dan karakter diri Anda? Ikuti ulasannya berikut ini:

Gaya minimalis untuk si teratur

Kalau Anda termasuk orang yang teratur dan ingin semua serba tertata, hingga selalu ingin mudah menemukan barang yang dibutuhkan secara cepat, maka Anda bisa disebut termasuk pribadi yang suka efisiensi dan kesederhanaan. Untuk itu, pilihlah gaya desain minimalis.

Belakangan ini desain minimalis sedang jadi tren dan banyak disukai, terutama di perkotaan, mungkin karena di era yang serba cepat ini banyak orang ingin segala sesuatu jadi lebih efisien.

Dan untuk kebutuhan desain ini, Anda bisa coba memilih furnitur berkarakter kuat dari sisi desain, tapi minim ornamen. Bahan yang direkomendasikan, bisa yang terbuat dari kayu atau besi.

Untuk urusan warna, kepribadian ini cenderung cocok dengan warna netral dan solid, seperti hitam, cokelat, atau putih.

Gaya skandinavia untuk sosok ramah

Kenapa gaya skandinavia cocok buat si ramah? Karena biasanya si ramah senang bersosialisasi, atau berkumpul dengan teman dan keluarga; dan gaya skandinavia memang mengedepankan kenyamanan untuk melakukannya.

Negara yang desain rumahnya berkiblat ke gaya ini adalah Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, sampai Islandia. Ciri khasnya masih agak minimal, tapi ada sentuhan tradisional dan detail yang biasanya tidak terdapat di gaya minimalis tadi.

Furnitur juga biasanya didominasi material dari kayu, yang kadang dikombinasikan dengan warna-warna seperti kuning atau biru.

Gaya pop art untuk pribadi unik

Jika Anda merasa agak unik atau berbeda dari kebanyak orang, gaya pop art bisa jadi pilihan pas.

Desain ini menekankan pada keberanian bereksperimen dalam berbagai elemen desain di rumah. Warna-warna yang ditampilkan biasanya cerah dan ceria, seperti merah atau ungu. Ditambah juga dengan berbagai ornamen seni yang memang lekat dengan penataan rumah bergaya pop art.

Ornamen seni itu bisa saja vas unik, poster-poster berukuran besar dan menampilkan desain populer dengan pewarnaan mencolok. Bahkan bisa jadi, rasa di tiap ruangan berbeda, untuk mewakili kepribadian pemiliknya yang kompleks.

Gaya shabby chic untuk si anggun

Kalau Anda ingin menonjolkan sisi feminin yang kuat, cobalah gaya shabby chic. Gaya ini berkembang di Inggris dan identik dengan perabotan bergaya pop victorian yang terkesan antik.

Soal pewarnaan, gaya ini biasa menggunakan warna-warna pastel serta bahan dengan pola floral yang dominan. Warna putih juga sering dipadukan dengan sentuhan seolah sudah usang, agar terlihat kesan vintage-nya.

Gaya penataan rumah seperti ini pas untuk wanita berkepribadian anggun, karena sisi lembut dan artistik dari dalam diri bisa ditampilkan lewat berbagai elemen khas gaya shabby chic ini.

Gaya vintage bagi sosok perfeksionis

Jika Anda merasa suka dengan gaya vintage, jangan-jangan Anda tergolong orang yang perfeksionis. Karena gaya ini tidak mudah dilakukan; detailnya unik dan kompleks. Ornamen di dalam rumah bisa sangat beragam dan banyak jenisnya.

Elemen umum dalam desain vintage biasanya, koper kulit, bendera, atau peta usang yang terletak di salah satu sudut atau terpajang di dinding. Belum lagi aksesori dekorasi seperti minimatur kapal, surat di dalam botol, sampai tumpukan buku-buku.

Banyaknya detail dalam desain vintage ini cocok betul dengan sosok perfeksionis yang seperti membutuhkan banyak detail untuk ia perhatian setiap harinya. Dan desain semacam ini pas, karena menimbulkan kesan selalu dirapikan dan ditata setiap saat.

Gaya klasik untuk Anda yang elegan

Jenis desain ini menonjolkan arsitektur dan detail khas Eropa Barat di abad pertengahan, yang kental kesan aristokrat dan kebangsawanannya.

Elemen hias yang digunakan dalam desain ini juga cenderung rumit, dan semuanya tersebar dalam bidang rumah yang biasanya juga luas. Belum lagi suka ada ornamen kuno sebagai wujud penghargaan terhadap sejarah dan masa lalu.

Kalau pada desain pop art yang ditampilkan poster, dan pada gaya vintage peta usang, maka pada gaya ini biasanya yang ditunjukkan adalah hasil goresan kuas salah satu pelukis ternama, yang dibeli dari galeri seni.

Dan gaya ini cocok sekali dengan orang yang berkepribadian elegan, dan tertarik dengan kebudayaan serta politik. Sementara soal warna, desain ini biasanya mengombinasikan putih, merah, dengan emas.

Nah, kalau dari beberapa tips menata rumah di atas, mana yang gayanya sesuai dengan kepribadian Anda?

Penataan rumah merupakan salah satu upaya untuk kita menikmati kehidupan. Kita tentu tak ingin hanya duduk dan tidur saja di rumah, tapi bisa benar-benar merasakan sedang berada di dalam diri kita sendiri; hingga muncul rasa nyaman yang membuat kita lebih menghargai hidup.