Tips Memilih Warna Rumah Yang Bagus

Rumahawan.web.id – Tentu saja, ketika memilih warna cat yang baik untuk rumah, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, dari kombinasi warna dasar, tipe kamar dan warna furnitur yang sesuai dengan area ruangan yang sedang terjadi. untuk memilih warna cat rumah. Karena itu, Anda harus ingat ketika memilih warna cat rumah yang baik. Apalagi jika ini pertama kali Anda membangun rumah.

Pas tidaknya penggunaan warna cat rumah yang bagus untuk rumahmu juga tergantung dengan seleramu, lho! Nggak harus harus diatur dengan penggunaan cat secara standar yang biasa dipakai di rumah-rumah secara umum. Jika kamu memiliki inspirasi lain terkait pemilihan warna cat rumah yang bagus, jangan segan untuk menerapkannya pada rumah pribadimu!

Untuk itu, dibawah ini Kania akan membagikan tips memilih warna cat rumah yang bagus, langsung dari Barbara Jacobs, pemilik dari Sebuah perusahaan desain interior di California yang bergerak di bidang desain dan pemilihan warna!

1. Mulai dari daerah yang kecil untuk warna cat rumah yang bagus
Bila kamu masih belum yakin dengan warna cat rumah yang bagus menurut pilihanmu, uji coba dulu di salah satu ruangan dengan luas tembok yang tidak terlalu luas; bisa kamar mandi, tembok lorong yang ada diantara ruangan, atau tembok yang akan ditutupi oleh wallpaper dinding. Pilih area yang mudah dilihat, sehingga kamu bisa melihat hasil secara mudah dan secepat mungkin. Cara paling mudahnya, pilih warna dasar yang senada dengan warna-warna properti dan furnitur yang ada Fungsinya, untuk meningkatkan aksen keindahan ruangan tersebut.

2. Pilih warna cat rumah yang bagus berdasarkan mood
Saat memikirkan warna cat rumah yang bagus untuk tempat tinggal idamanmu, pertimbangkan suasana ruangan tersebut. tentu saja suasana kamar tidur akan berbeda dengan suasana ruang tamu. Suasana ruang tidur akan coba didesain lebih adem dan meningkatkan rasa ingin istirahatmu. Warna-warna lembut biasanya akan dipilih untuk itu. Tahukah kamu, salah memilih warna cat kamar bisa membuat tidur tidak nyenyak?Atau kamu ingin mendesain ruang makanmu agar lebih formal dan lebih hangat? Kamu bisa memilih warna-warna yang menunjang itu, seperti warna-warna netral atau warna biru dan hijau tua.

3. Perhatikan pencahayaan untuk warna cat rumah yang bagus
Sebelum membeli sekaleng cat, tentu penjual cat tersebut akan menunjukkan light boxes untuk mengetes warna cat yang kamu pilih. Fungsinya untuk menunjukkan warna asli dari cat tersebut dalam kondisi normal. Selain itu, ada dua tips pada tata cahaya dirumahmu. Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning, sedangkan cahaya lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. Alhasil, memilih lampu yang sesuai jadi sangat penting untuk nuansa yang diberikan.

Baca juga : Tips Pagar Kokoh Dan Terhindar Dari Maling

4. Pelajari arti-arti warna untuk warna cat rumah yang bagus
Hal ini sangat membantu pemilihan warna cat rumah yang bagus untukmu. Berikut beberapa terminologi yang digunakan dalam menjelaskan sebuah warna:

Hue adalah sebutan untuk sebuah warna. Merah adalah hue, biru adalah hue. Nilai hue tergantung dari seberapa terang atau seberapa gelap warna tersebut
Saturation merujuk kepada seberapa dominan hue sebuah warna. Intensitas warna menjadi hal yang perlu kamu perhatikan, apa kamu menyukai kombinasi warna untuk menciptakan gradasi, atau hanya ingin menonjolkan nuansa satu warna?

5. Uji warna pilihanmu untuk menunjukkan warna cat rumah yang bagus
Tingkatkan percaya dirimu dengan menguji warna pada papan poster di salah satu tembok rumahmu yang memiliki area yang besar. Pertimbangkan warna-warna yang kuat, warna-warna yang tajam atau lembut, warna netral yang tidak biasa seperti cokelat atau hijau zaitun sebagai aksen utama. Memilih warna cat rumah yang bagus tidak sulit kalau kamu tahu tema yang ingin kamu pakai.

6. Tambahkan efek kedalaman dengan dekorasi yang menarik
Tekstur tembok dan ruangan menjadi kunci pada teknik ini. dengan efek kedalaman, ruangan akan terlihat lebih besar. Kamu bisa memilih pilihan warna-warna cerah dan corak-corak tertentu seperti warna perunggu, silver, atau emas. Padupadankan juga dekor di dalam rumah dan furniture yang pas agar menghasilkan warna cat rumah yang bagus.

7. Pertimbangkan perbedaan warna cat rumah yang bagus antar ruangan
Rumahmu tidak hanya sekedar satu ruangan saja. Kamu harus memilih warna cat rumah yang bagus untuk setiap ruangan. Selain bagus, tentu keserasian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap ruangan harus mempunyai komposisi yang seimbang untuk mendukung setiap ruangnya. Keserasian ini bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti karpet dan hiasan dinding, serta pencahayaan yang tepat. Memilih warna cat yang tepat bisa membuat mood kamu lebih senang lho!