Tips Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Luas

Tips Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Luas
Tips Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Luas

Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang sangat penting peranannya. Fungsi utama dari kamar mandi adalah mandi, cuci, kakus atau MCK. Namun demikian, tidak sedikit pemilik rumah yang menjadikan kamar mandi sebagai tempat melepas lelas sekaligus relaksasi.

Hal itu dikarenakan kamar mandi bisa dijadikan tempat yang cukup nyaman untuk menggapai hal tersebut, meskipun ukurannya tidak begitu luas. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berendam di bak kamar mandi sembari menikmati alunan musik. Apakah Anda juga menginginkan seperti itu?

Jika iya, silakan membaca dan memahami beberapa tips di bawah ini. Siapa tahu Anda berminat untuk mengaplikasikannya di kamar mandi masing-masing.

Memilih warna putih

Kenapa perlu warna putih? Perlu Anda ketahui bahwa warna putih dapat membuat suasana lebih terang dan terkesan luas ruangannya. Oleh karena itu, silakan Anda memilih warna putih untuk kamar mandi di rumah. Mulai dari mengecat dinding kamar mandinya, perabotnya yang juga dipilih warna putih, dan jangan lupa tirai bak mandi jika ada bisa Anda pilih berwarna putih. Sementara untuk lantai atau ubinnya, Anda bisa memilih warna lain tetapi tetap yang terang, seperti krem atau kuning muda.

Memasang cermin dengan benar

Silakan Anda memasang cermin di dalam kamar mandi dengan ukuran lebih besar. Namun demikian, jangan sampai salah menempatkannya. Anda perlu memasang cermin tersebut di salah satu sisi dinding yang belum terpasang apa-apa. Selain itu, jangan meletakkan cerminnya berhadapan dengan pintu kamar mandi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cermin tersebut selain untuk becermin juga bisa memberikan ilusi ruang yang lebih luas di dalam kamar mandi.

Meskipun ukuran ukuran kamar mandi Anda di rumah kecil, tetapi masih bisa dijadikan lebih nyaman. Dengan begitu, Anda beserta penghuni rumah bisa memanfaatkan kamar mandi itu bukan untuk MCK saja. Namun, lebih dari itu karena juga bisa dipakai untuk berelaksasi setelah selama seharian beraktivitas yang melelahkan. Anda pun bisa membayangkan sendiri bagaimana nikmat dan nyamannya bisa berendam di dalam kamar mandi dengan air hangat untuk melepaskan lelah dan penat.

Memasang partisi transparan

Inilah tips atau cara berikutnya yang bisa Anda aplikasikan. Partisi transparan tersebut difungsikan sebagai pembatas untuk area basah dan kering. Atau jika tidak, bisa dijadikan pembatas bak kamar mandi dan perabot WC atau toilet. Dikarenakan transparan, maka memang terbuat dari bahan kaca, tetapi berukuran cukup tebal. Anda bisa membeli partisi semacam ini dalam wujud segi empat atau kotak yang kedua sisinya terbuat dari kaca. Harganya pun masih cukup terjangkau semua kalangan. Hanya pemasangannya saja yang perlu dilakukan oleh tangan-tangan profesional dan berpengalaman.

Membuat warna lantai kontras

Dalam arti, Anda bisa membuat warna lantai atau ubin kamar mandi kontras. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan kesan modern di dalam kamar mandi Anda. Selain itu, pemilihan warna kontras ini juga bisa membuat lebih nyaman saat Anda beraktivitas di dalamnya.

Sebagai contoh, Anda memilih warna keramik atau ubin lantai kamar mandinya hitam dan abu-abu. Warna ini bisa menyeimbangkan atau menyesuaikan warna putih pada dinding dan perabot di dalam kamar mandi. Anda pun akan merasa lebih nyaman karena kamar mandi yang berukuran kecil juga dapat dijadikan tempat berelaksasi.

Jadikan kamar mandi Anda di rumah lebih nyaman dan tetap terlihat elegan. Jangan mau kalah dengan kamar mandi di apartemen, hotel, atau hunian mewah lainnya. Kamar mandi di semua tempat tersebut memang sejak awal didesan agar terlihat tampil mewah dan elegan. Jadi, jangan heran jika lebih terasa nyaman bagi setiap orang yang menggunakan kamar mandinya. Sementara bagi Anda sekalian pemilik rumah, kamar mandi berukuran lebih kecil jangan menjadi penghalang untuk menjadikannya lebih nyaman saat dipakai. Oleh karena itu, silakan mengetahui beberapa tipsnya di bawah ini.

Memberikan pencahayaan yang tepat

Sumber utama pencahayaan di dalam kamar mandi sudah pasti dari lampu yang dipasang di dalamnya. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan cahaya dari luar rumah, seperti cahaya matahari pada siang hari. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih berhemat listrik karena pada siang hari tak perlu menyalakan lampunya.

Satu hal yang penting mengenai hal ini adalah Anda harus menempatkan sumber-sumber cahaya, baik dari lampu atau matahari di luar dengan benar. Jadikan kamar mandi Anda yang berukuran mungil masih cukup terang untuk menerangi tiap orang yang masuk ke dalamnya. Selain itu, pilih lampu warna putih dan jenis LED yang lebih hemat energi listrik.

Memasang kabinet built in

Tidak ada salahnya Anda memasang kabiner atau lemari kecil bersifat built in di dalam kamar mandi. Tujuannya untuk menyimpan berbagai peralatan dan pernak-pernik MCK. Anda perlu memasang yang berukuran kecil atau minimalis karena disesuaikan dengan ukuran kamar mandinya yang juga mungil. Dengan begitu, Anda tak perlu keluar kamar mandi saat membutuhkan peralatan yang dibutuhkan.