Jenis Rumah Ruko atau Rukan

rumahawan.web.id – Jenis Rumah Ruko atau Rukan, sebutan bagi bangunan-bangunan di Indonesia yang umumnya bertingkat antara dua hingga lima lantai, di mana lantai-lantai bawahnya digunakan sebagai tempat berusaha ataupun semacam kantor sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Ruko biasanya berpenampilan yang sederhana dan sering dibangun bersama ruko-ruko lainnya yang mempunyai desain yang sama atau mirip sebagai suatu kompleks. Ruko banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia dan biasa ditempati warga-warga kelas menengah.

Baca juga : Jenis Rumah Apartemen

Jika Anda berniat investasi ruko, tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Lokasi Ruko: seperti penjelasan sebelumnya lokasi ruko akan sangat mempengaruhi harga sewa. Carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atu daerah dengan kondisi ekonomi yang hidup.

Harga Beli Ruko : belilah ruko dengan harga yang masih waja. Salah satu ajaran Robert T. Kiyosaki (seorang penasehat keuangan Amerika) adalah dapat keuntungan saat kita membeli ruko, bukan saat menjualnya nanti. Artinya kita perlu usaha lebih untuk mendapatkan ruko dengan harga yang bagus (harga diskon).

Cicilan : salah satu ciri investor pemula dan investor berpengalaman adalah permodalan. Investor yang berpengalaman akan menggunakan uang orang lain (other people money). Dalam kaitan investasi ruko, kita dapat menggunakan utang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Pastikan Anda sudah membandingkan beberapa penawaran KPR dan mendapatkan penawaran yang terbaik (dari segi bunga, kemudahan pembayran dan manfaat lainnya).

Harga Sewa Ruko adalah pertimbangan penting, karena Anda berniat membeli ruko untuk investasi. Tidak ada salahnya Anda lakukan perbandingan harga sewa ruko atau properti disekitar lokasi.

BEP Investasi perlu diperhitungkan. Bandingkan antara harga sewa ruko dengan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hitung rasio pengembalian modal (return on investment – ROI) dan waktu balik modal (break even point).