Jenis Rumah Cluster

rumahawan.web.id – Jenis Rumah Cluster, suatu rumah yang dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah serasi itu yang disebut dengan rumah Cluster.

Biasanya di lengkapi dengan pagar pembatas yang tinggi di sekeliling perumahan. Sistem rumah terbuka alias tidak ada lagi pagar yang membatasi antar rumah, namun di batasi dengan tembok beton saja.

Baca juga : 5 Jenis Rumah Tinggal

Biasanya para penghuni tidak dibenarkan mengubah desain rumah termasuk mengubah bagian depan atau menambahkan pagar pribadi. Meski kondisi ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan hunian Anda pada model rumah cluster.

Jenis Rumah Cluster
Jenis Rumah Cluster

Sebuah perumahan cluster bisa berada di dalam suatu kawasan permukiman atau berdiri sendiri di sebuah daerah perkotaan yang menyerupai town house. Perumahan cluster dan town house memiliki kesamaan, yaitu berkelompok dalam satu lingkungan kecil; dibangun dengan tampak muka yang sama, serasi antara rumah yang satu dengan lainnya; memiliki management lingkungan yang modern dan rapi, keamanan 1 x 24 jam (menggunakan cctv), serta bernilai investasi tinggi.