Cara Membuat Rumah Minimalis Yang Bagus Dan Nyaman

Membuat Rumah Minimalis – Jika anda mempunyai sebidang tanah yang ukurannya tidak terlalu besar,jangan berkecil hati,sebab anda masih bisa membangun rumah yang bagus dan nyaman tanpa harus dengan budget yang mahal,biasanya rumah itu disebut Rumah Minimalis.Rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah minimalis, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya. Bukan sekadar latah ikut-ikutan tren minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan

Membangun rumah minimalis tidaklah susah, asalkan anda mempunyai perencanaan dan persiapan yang matang di awalnya. Jika anda tidak mempunyai pengalaman di dalam hal perencanaan desain ataupun perencanaan biaya (RAB), saran yang dapat dipikirkan adalah dengan mengkonsultasikan hal ini dengan seorang konsultan arsitek. Tetapi apabila anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, hal ini pun tetap dapat dilakukan.

Anda dapat mencari referensi tentang cara membuat rumah minimalis  dan mengenai perencanaan suatu bangunan minimalis beserta dengan anggarannya melalui buku-buku perencanaan bangunan ataupun melalui website yang memberikan informasi tentang hal tersebut. Adakalanya anda pun dapat sedikit berguru dengan teknisi, tukang dan kontraktor yang sudah mempunyai pengalaman lapangan di bidangnya.

Ada beberapa tips cara membuat rumah minimalis yang dapat anda pertimbangkan saat merencanakannya, berikut penjelasannya:

1.Tentukan Konsep Rumah Yang Akan Di Bangun

Tahap pertama anda perlu menentukan konsep rumah yang akan direncanakan. Hal ini akan banyak berkaitan dengan kebutuhan dari bangunan seperti contohnya:

  • Material yang dipakai
  • Ukuran ruangan
  • Finishing bangunan

Hal-hal tersebut sebaiknya dipikirkan dengan matang agar tidak terjadi kegagalan perencanaan yang akan berakhir dengan pemborosan biaya. Sebaiknya konsep perencanaan desain pertama juga sudah direncanakan sejak tahap awal, dan tetaplah konsisten dengan konsep yang sudah ditentukan. Usahakan jangan merubah desain ditengah-tengah pembangunan jika bukan sesuatu yang berkaitan dengan keamanan bangunan. Karena setiap perubahan yang terjadi diluar konsep yang sudah ditentukan, akan mempengaruhi budget anda.

2.Buatlah Pengukuran Dengan Detail

Pengukuran lapangan sangat penting untuk dilakukan, karena akan berkaitan dengan hal-hal tersebut dibawah ini:

  • Untuk menentukan ukuran ruang yang akan dibangun sesuai dengan fungsinya
  • Untuk menentukan ukuran-ukuran elemen yang ada didalam ruangan beserta penempatannya seperti pintu, jendela, kusen, kaca, lantai, ceiling

3.Tentukan Material Untuk Lantai

Saat struktur bangunan sudah mulai berdiri, anda sudah dapat mulai memikirkan mengenai detail interiornya. Saat proses ini berjalan, tetaplah berpegangan dengan budget yang sudah anda rencanakan sebelumnya. Usahakan jangan sampai menyimpang terlalu jauh, untuk menghindari terjadinya pemborosan. Elemen lantai sebaiknya dipikirkan dan dipilih terlebih dahulu sebelum anda melanjutkannya dengan memikirkan dan memilih elemen lainnya.

Dalam memilih lantai sebaiknya anda menggunakan unsur material yang kuat, tahan lama dengan harga terjangkau, tetapi tetap indah untuk dipandang dari sisi interior bangunan. Dalam pemilihan ini sebaiknya anda banyak melakukan survey pasar dan melihat banyak katalog serta buku-buku referensi. Apabila anda mempunyai budget yang besar, dapat juga dilakukan penggabungan jenis material yang berbeda, berdasarkan fungsi ruangan nya. Sehingga budget anda tetap dapat dikontrol pengeluarannya agar tidak berlebihan. Contohnya:

  • Penggabungan lantai parquet kayu dengan tegel keramik
  • Penggabungan lantai marmer dengan tegel keramik
  • Penggabungan lantai beton yang dilapisi karpet dengan parquet kayu
  • Penggabungan lantai beton yang dilapisi karpet dengan marmer
  • Dan penggabungan lantai dengan bahan-bahan lain yang berbeda

4.Bagilah Area Bangunan Disesuaikan Dengan Tanah

Sebelum pembangunan dilakukan, perhatikan juga ketinggian dari tanah lokasi bangunannya. Hal ini diperuntukkan jika anda mempunyai lokasi bangunan yang ber-kontur atau mempunyai elevasi ketinggian yang berbeda-beda. Dalam kondisi ini sebaiknya lokasi dibagi dulu menjadi beberapa bagian agar dapat dibuat sarana pendukung seperti

Hal ini dimaksudkan agar saat pembangunan prosesnya dapat dibuat lebih cepat karena akses untuk kelancaran pembangunan sudah dibuat terlebih dahulu.

Baca juga : Tips Menata Dapur Yang Sempit

5.Manfaatkan Ruangan Semaksimal Mungkin

Meskipun anda sudah merencanakan suatu ruangan dengan sangat detail dan sudah merencanakannya dengan matang, terkadang masih harus berhadapan dengan masalah teknis ataupun struktur bangunan. Akibat dari semua solusi permasalahan ini biasanya akan menciptakan adanya ruang-ruang sisa yang kosong dan tidak terpikirkan sebelumnya. Jangan khawatir, karena dengan sedikit imaginasi dan kreatifitas anda dapat mengubah ruang-ruang yang tidak berfungsi ini menjadi ruang yang dapat difungsikan dengan manfaat tertentu. Contohnya adalah:

  • Ruang penyimpanan
  • Rak buku/mainan
  • Ruang kerja kecil
  • Lemari serbaguna
  • Dressing table, dll

6.Maksimalkan Kenyamanan Rumah Anda

Setelah rumah idaman anda terbangun dengan kokoh, sempurnakanlah dengan memperhatikan faktor-faktor kenyamanan yang akan anda rasakan pada saat menempatinya. Adapun faktor-faktor kenyamanan yang harus anda perhatikan adalah:

  • Pasanglah furniture sesuai dengan kebutuhan, dan jangan berlebihan. Furniture yang terlalu penuh hanya akan membatasi ruang gerak anda secara fungsi. Rumah juga akan terlihat sesak dan keindahan interior rumah yang seharusnya ter-ekspose menjadi tidak terlihat
  • Pastikan pemasangan accessories ruangan dapat menjadi faktor penyempurna bagi keseluruhan interior anda. Misalkan anda akan menggantung foto keluarga pada ruang keluarga anda. Ataupun anda akan menggunakan tirai warna warni untuk kamar anak anda. Dan didalam kamar mandi anda ingin menggunakan kaca diatas wastafel dan menempatkan keranjang sudut untuk menempatkan pakaian kotor. Dan masih banyak jenis-jenis accessories lainnya yang dapat anda gunakan, selama tidak berlebihan didalam penggunaannya dan tetap pada konsep yang tidak berbenturan sebagai rumah minimalis.
  • Pastikan setiap ruangan mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang cukup. Sebaiknya jangan memasang penyekat ruangan buatan yang tidak jelas fungsinya pada ataupun didepan jendela. Karena akan membuat ruangan menjadi gelap dan sirkulasi udara juga akan menjadi terhalang.
  • Perhatikan penempatan pencahayaan buatan atau penerangan di ruangan anda. Pilah-pilah penentuan jenis lampu berdasarkan ruangan yang akan dipakai dan fungsinya. Tidak semua ruangan memerlukan penerangan yang dindingnya terang benderang. Selain hanya akan membuat silau karena penerangan yang berlebihan, biaya listrik yang harus anda keluarkan pun menjadi lebih mahal.
  • Dan masih banyak faktor-faktor kenyamanan lainnya yang dapat anda maksimalkan, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.